Saturday 28 November 2009

red hot chili soldier

hari ini untuk pertama kalinya aku nonton prajurit kraton ngayogyakarta. pasukan prajurit itu melewati depan rumah kami menuju kemagangan, lalu masuk ke kraton, mengangkat gunungan, dan kemudian dibawa ke masjid agung di sebelah barat alun-alun utara.

oh iya, hari ini ada upacara garebeg besar di kraton ngayogya, yaitu upacara yang bertepatan dengan idhul qurban. karena sitem penanggalan jawa berbeda dengan penanggalan islam, maka acara garebeg kali ini tidak berbarengan dengan hari idul qurban. garebeg baru diadakan esok harinya.

sejak pagi-pagi tadi, ibu sudah berkali-kali mengatakan padaku bahwa pagi ini akan ada prajurit lewat. "nanti kita lihat garebeg ya, dek. lihat warna-warni baju prajurit dan dengerin suara genderang dan terompetnya," kata ibu. aku jadi penasaran pengin tahu kayak apa sih..

pagi itu pula aku berpakaian agak centil. ibu memilihkan baju strawberry dan mengenakan bando di kepalaku. haha, padahal dulu waktu pertama pake bando itu bapak ngledekin kayak julius caesar kan? nah, sekarang bapak ngledekin lagi, "pagi-pagi kepala udah diikat. lagi pusing ya, dek?" tapi kali ini aku pede aja. apalagi ternyata banyak yang memujiku loh...

sebelum prajurit lewat, aku sudah diajak ibu ke luar rumah. wah, ternyata di depan regol, di pinggir jalan, sudah banyak orang menunggu. tak sedikit pula ibu-ibu yang menggendong anaknya yang masih bayi. hihi...sama sepertiku. pasti ini juga tontonan garebeg pertama yang akan dilihatnya.

nggak lama kemudian terdengar bunyi genderang dan tiupan terompet dari kejauhan. suaranya agak aneh di telingaku. hhmm..ini jenis musik etnik kali ya? aku sampe liyer-liyer ngantuk mendengar suaranya yang unik dan makin mendekat.

aku sungguh menikmati suara musik itu sampe nggak peduli dengan barisan prajurit lombok abang alias red hot chili soldier yang berada di barisan paling depan. katanya, prajurit lombok abang itu merupakan barisan yang paling menarik. tapi karena aku sudah tersihir oleh genderang dan tiupan terompet, aku males membuka mataku. malah aku sungguh terbuai.

hihi..jadinya aku malah belum sempet melihat rupa-rupa prajurit kraton itu! tapi nggak apalah..toh masih ada garebeg mulud dan garebeg syawal di tahun depan. aku pasti akan menontonnya!

0 comments: